Jumat, 18 Februari 2011

TUGAS KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN

NAME :  1.KEZIA DIAN WIENDARI
             2.AZIZAH
             3.MUTIARA WULANDARI
             4.RETNO WAHYUNIARTI
             5.RIZKY FAJAR RAHMAH

CLASS : XI AP 3

FROM :  Kezia_xap3@yahoo.com
TO : djanggubenyamin-pontianak.blogspot.com

SUBJECT : TUGAS KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN

ANSWER :
1). PENGERTIAN SALESMANSHIP :
a. ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya merasa  mau membeli barang –barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan,meski sebelumnya tak terfikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu tetapi akhirnya tertarik untuk membelinya (J.S.KONOX)
b.ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik,sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang di terimanya (K.B.Haas dan E.C.Perry)
c.seni menjual adalah suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian ilmu menjual.

2).KETERAMPILAN MENJUAL (M          enurut Charles Atkinson)
a.Memiliki kemampuan menjual yang memuaskan para pembeli atau pelanggan.
b.Memiliki kebanggan memilih pekerjaan menjual .
c.Memelihara kebutuhan pribadinya dan kemerdekaan dalam menjual.
d.Tidak ketinggalan zaman karna selalu belajar dalam menjual .
e.Memiliki standar  etika yang tinggi dalam menjual.
f.Terampil dalam menjual.
g.Benar bila berjanji dalam menjual.
h.Mengetahui pengetahuan luas dalam menjual.
i.Mengetahui pekerjaan menjual,artinya melayani .

3).ALASAN-ALASAN PEMBELIAN
a.produk motif : mau membeli karna adanya barang-barang tertentu.
b.patronage motive : mau membeli karena adanya penyalur atau penjual.
c.motif manfaat : mau membeli karena barang yang akan dibeli bermanfaat.
d.motif kebanggan : mau membeli karena bangga.
e.motif ingin meniru
f.motif kuatir dan takut
g.motif ingin tahu lebih mendalam
h.motif bersaing
i.motif iri hati

4). – SALESMENSHIP = seni menjual adalah suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian ilmu menjual.
    - PERSONAL SELLING = penyajian barang secara lisan kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual
    - PATRONAGE = advertensi yang dapat memberikan informasi mengenai bidang usaha si pemasang iklan.
-PUBLIC SERVICE = menunjukkan bahwa si pemasang iklan sebagai warga negara yang baik.
-PROMOSI= memperkenalkan produk, meyakinkan serta mengingatkan kembali manfaat produk kepada pembeli agar mau membeli produk.
-ADVERTENSI= seruan berulang-ulang kepada khalayak agar mau membeli produk yang di tawarkan.
-CONFIDENCE= kepercayaan diri, /percaya diri.
5). Perbedaan personal selling dan promosi
Personal selling
a. Ruang lingkupnya sempit
b. Kegiatannya menawarkan barang secara langsung
c. Dalam melaksanakan kegiatannya tidak perlu menggunakan media
f. Dalam melaksanakan kegiatannya selalu bertatap muka langsung dengan konsumen
e. Dalam melaksanakan kegiatannya berusaha dengan mengadakan peragaan
d. Dalam melaksnakan promosi menitik beratkan unsur manusianya
PROMOSI
a. Ruang lingkupnya sangat luas
b. Tidak selamanya menawarkan barang secara langsung
c. Kegiatannya menggunakan media
d. Menitikberatkan keefektifan unsur medianya
e. Tidak selamanya memakai peragaan
f. Tidak perlu bertatap muka langsung  dengan konsumen

6). PROMOTION MIX = bauran promosi yang meliputi.
1. advertensi = suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang bersifat nonpersonal. Media yang digunakan : majalah, surat kabar, radio, tv, dll.
2. personal selling = suatu bentuk penyajian secara lisan suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk.
3. promosi penjualan (sales promotion)= segala kegiatan pemasaran, selain personal selling, advertensi dan publisitas untuk menunjang  penjualan barang perusahaan.
4. publisitas (publicity) = kegiatan untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara nonpersonal yang bersifat komersial.

7). HAL-HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA ADVERTENSI
 hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan media advertensi
a. Tujuan media advertensi bagi perusahaan
1. Untuk meningkatkan omset.
2. Memikat dan menarik konsumen.
3. Memperkenalkan dan menimbulkan kepercayaan pada merek.
4. Meningkatkan produksi perusahaan.
5. Meningkatkan keuntungan.
6. Agar produk perusahaan cepat dikenal.
b. Pembiayaan media advertensi
       Pemilihan media advertensi harus dihubungkan dengan biaya yang dapat disediakan perusahaan. Faktor-faktor yang menentukan besarnya biaya media advertensi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Kebijaksanaan perusahaan
Perusahaan yang menjual produk-produk  dengan merek  yang sudah terkenal, memerlukan biaya advertensi yang besar.
Perusahaan yang menjual produk-produk dengan merek  yang belum terkenal, sangat memerlukan biaya yang besar.
Besar dan jenis produk yang dibuat perusahaan turut menetukan jumlah biaya untuk pelaksanaan advertensi.
2.      perkembangan  media advertensi
     Perkembangan teknologi dan ekonomi ikut mempengaruhi jumlah untuk pelaksanaan advertensi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar